Sekarang Google Bisa Custom Title Tag di SERP

Kalau kalian seorang SEO specialist atau praktisi SEO tentu tahu jika title page akan selalu ditampilkan sama persis di hasil pencarian Google.

Walaupun panjang karakter selalu mempengaruhi tampilan, tetapi pasti akan selalu ditampilkan apa yang sudah kita pasang pada tag <title>.

Kali ini Google mengubah rules nya (lagi) dalam hal menampilkan judul pada hasil pencarian.

Elemen Yang Pasti Muncul di SERP

Setidaknya ada 3 elemen yang pasti ditampilkan di hasil pencarian Google diluar fitur Featured snippet milik Google. Ketiga Elemen tersebut adalah judul artikel, deskripsi atau meta description, kemudian ada tanggal publikasi, dan terakhir adalah link URL.

tampilan hasil pencarian google

Semua elemen tersebut bisa kita atur di halaman yang kita punya, sehingga Google bisa mengetahui data dari halaman kita agar bisa ditampilkan dalam hasil pencarian.

Sebelum perubahan kali ini, hanya meta description yang bebas diambil oleh Google. Sementara elemen lainnya mengikuti apa yang sudah kita atur.

Judul dan URL bisa kita atur sesuai keinginan kita sepanjang apapun atau sebanyak apapun karakter. Tetapi Google punya limitasi atau batasan yang bisa ditampilkan di SERP. Kalau lewat dari batasan tersebut maka akan dipotong dan dilanjutkan dengan three-dot.

Sedangkan meta description walaupun bisa kita atur dalam tag meta, Google tetap memiliki kuasa untuk menampilkan teks deskripsi yang disesuaikan dengan algoritmanya.

Mereka akan menampilkan kalimat yang berkaitan dengan query pencarian. Sering kita lihat hasilnya beragam dan seringnya tidak sesuai dengan apa yang sudah kita atur.

Namun bukan berarti kita tidak perlu mengatur dalam tag meta. Kita juga perlu mengaturnya. Karena secara teknis, Google juga akan menampilkan tag tersebut ketika tidak ada kalimat yang tidak sesuai dengan query pencarian.

Jadi jangan diabaikan.

Google Bebas Ambil Judul Yang Ada di Konten

Setelah hanya meta description yang boleh dikustomisasi oleh Google untuk ditampilkan pada SERP. Kali ini Google juga mengambil langkah perubahan untuk mengubah rules Title sama seperti meta description, yaitu dapat diubah atau dikustomisasi menyesuaikan query pencarian.

Untuk melihat publikasi resmi dari Google dapat dilihat disini.

Google beranggapan ini adalah upgrade dari sistem yang dimilikinya, yaitu membuat title tersendiri untuk judul halaman yang disesuaikan dengan query pencarian.

Tentu perubahan ini punya alasan. Google menganggap 3 issue yang menjadi alasan upgrade sistem, diantaranya

Terlalu Panjang

Kita sering tidak sadar membuat Judul yang melebihi batas yang ditetapkan Google itu sendiri. Google sudah menetapkan batas maksimal yaitu 70 karakter. Sehingga jika lebih dari angka tersebut, maka Google akan memotongnya. Ini bisa kita kendalikan dengan menggunakan bantuan seo tools untuk mengetahui seberapa panjang judul halaman website kita.

Stuffed Keywords

Stuffed keyword ini berarti mengisi secara berlebihan, mirip dengan spam. Jadi Google menganggap banyak pemilik web yang memasukkan keyword secara tidak natural pada judul halaman demi mendapatkan ranking yang bagus di Google.

Terlalu Singkat

Selain terlalu panjang sampai spam keyword, ada juga yang terlalu pendek hanya menggunakan 1 kata seperti Beranda, Home dan sebagainya. Hal ini tidak bagus untuk ditampilkan pada hasil pencarian.

Ketiga alasan tersebut membuat Google ambil tindakan untuk menampilkan judul halaman yang dapat mereka kustomisasi sesuai keinginan user.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Dengan perubahan ini apa kita tidak perlu lagi optimasi Title page? Tentu tidak, karena elemen tersebut masih menjadi yang utama dari segala faktor SEO.

Google pun masih tetap menyarankan untuk membuat judul halaman yang deskriptif, judul yang menggambarkan isi dari halaman tersebut.

Dalam statement nya pula, Title tag yang sudah diatur pada HTML tag <title> masih akan sering digunakan secara default dan peluangnya masih diatas 80%.

Google akan mengganti Judul yang kurang sesuai dengan elemen yang ada di halaman tersebut atau memotong judul yang terlalu panjang.

Tentunya Google akan melakukan sedikit penyesuaian dengan perubahan ini dan pastinya akan melihat hasilnya setelah beberapa waktu yang akan datang.

Tugas kita saat ini berarti lebih dari yang sebelumnya. Selain optimasi title tag, kita perlu optimasi elemen lain yang mungkin bisa dijadikan judul halaman pada hasil pencarian, seperti Heading, List, atau elemen apapun dalam konten yang bisa dijadikan judul.

Aries Santoso

Seorang pelajar abadi dan praktisi SEO dan Digital Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *